Ilustrasi Musik : Tofik Suseno

Tofik Suseno, seorang pemuda yang terlihat metal dan sangar ini telah mengabikan dirinya dalam dunia musik sejak puluhan tahun. Semua jenis musik ia pelajari. Tak kenal lelah, tak kenal gengsi, serta tak malu untuk terus belajar, segala hal yang berkaitan dengan suara dan bunyi. Baginya, segala suara dan bunyi dalam kehidupan ini bisa dirangkai berwujud harmonisasi yang indah.

Pengalaman bermusik Tofik Suseno sudah tidak dapat dihitung dengan jari. Mencari pengalaman menjadi guru besar dalam kehidupan bermusiknya. Pada tahun 2013, dirinya mendapat kesempatan belajar dan mengenal hal baru dalam kegiatan Kemah Total Perkusi di Jogja. Kreatifitasnya tak pernah berhenti. Dirinya selalu berbagi keilmuan pada remaja dan masyarakat sekitar. Pada tahun 2015 dirinya diminta untuk mengolah pementasan musik perkusi untuk anak-anak SD Patra Mandiri Cilacap, dan akhirnya menjadi juara. Dan hingga kini, dirinya masih sering diminta untuk membuat ilustrasi musik untuk film pendek pelajar.

Dengan semangat berbagi keilmuan yang dimilikinya, dirinya selalu melahirkan komunitas-komunitas baru. Seperti halnya Group Tabuh Singmoni, sebuah group musik yang dibentuk dari para pelaku seni berbagai genre. Ada pecinta rock, metal, punk, reagge, keroncong, hingga musik hadroh. Sehingga group Tabuh Singmoni ini raih penghargaan dalam event Road to Rockin Noizze pada Maret 2018 lalu.

Dalam kesempatan kali ini, Tofik Suseno dipercaya untuk menggarap Illustrasi Musik dalam pementasan teater monolog SANG BINTANG. Dirinya menggandeng Bang Ali, satu musisi muda Cilacap untuk memberikan nuansa yang berbeda dan baru, berbagi keilmuan lagi dan lagi, kepada para pelajar di Sangkanparan. Terus mencari suara dan bunyi yang akan dikemas dan dirangkai untuk menghidupkan suasana dalam pementasan teater yang akan kita saksikan bersama.