Sang Sutradara Dewi Kusumawati

Dewi Kusumawati

Dewi Kusumawati, perempuan kelahiran Wonogiri 18 Maret 1980 ini sudah bergelut di duniaa teater sejak duduk di bangku perkuliahan. Saat itu dirinya tergabung dalaam Teater Cekal di Kampus Universitas Slamet Riyadi Solo. Tak hanya beraktifitas dan pentas bersama Teater Cekal, ia kadang juga terlibat dalam pementassan teater bersaama kelompok teater lain baik di Solo maupun kota-kota lainya. Saat ini Dewi tinggal di Cilacap bersama suami dan 2 anaknya.

Pada tahun 2013, Dewi mendapat dukungan dari Yayasan Kelola untuk Magang di Teater Satu Lampung. Selama 3 bulan Dewi mempelajari banyak hal tentang dunia teater. Kemudian saat kembali ke Cilacap, pada bulan September 2013, Dewi menyutradarai sebuah pertunjukan teater berjudul WEK-WEK yang ditulis oleh Iwan Simatupang. Pertunjukaan teater kali itu dibarengi dengan semangat berdonasi untuk kegiatan sosial. Semua Tiket yang terjual pada pertunjukaan tersebut digunakan untuk biaya pengobatan Kintan & Danu yang mengalami kelainan Apert Syndrom.

Hingga kini, dirinya masih aktif daalam dunia teater. Mengisi kelas-kelas akting di sekolah-sekolah, serta sesekali membuat pertunjukan kecil pada acara yang diselenggarakan sekolah-sekolah di Cilacap.

Beberapa waktu lalu, pada bulan Desember 2017, Dewi sempat mengiuti Workshop Teater dan Pennulisan Naskah Monolog yang diselenggarakan oleh Whani Project. Selain mendapat pengalaman dan teman-teman baru, dirinya juga mendapatkan sebuah buku Kumpuln Naskah Monolog berjudul Sampai Depan Pintu.

Dalam buku tersebut terdapat sebuah naskah berjudul SANG BINTANG yang kemudian ia garap bersama seorang pelajar yang tengah menempuh program Prakerin di Sangkanpparan selama 3 bulan. Dewi Aminah, pelajar SMK N1 Karanggayam menjadi lakon dalam sebuah pementasan Monolog berjudul SANG BINTANG yang disutradari oleh Dewi Kusumawati.

Pementasan Teater Monolog berjudul Sang Bintang akan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2018 di Pelataran Rumah Belajar Sangkanparan pada pukul 19.00 WIB. Mari bersama-sama hadir daan jadilah saksi peristiwa budaya terpenting yang terjadi di Cilacap pada perayaan Hari Kartini 2018.