Pelajar Karanggayam filmkan Kampung Gemplong

Kampung Gemplong, ada di desa Giritirto, Karanggayam Kebumen. Mengapa disebut kampung gemplong? Karena sebagaian besar masyaraatnya melaukan aktifitas Nggemplong (menumbuk). Singkong yang diolah menjadi oyeg, dan juga biji kopi yang diolah dengan peralatan tradisional, menjadikan produk-produk hasil bumi ini memiliki cita rasa tersendiri.

Bayu Ragil Saputra, seorang pelajar SMK N1 Karanggayam mencoba mengangkat kisah tentang kampung Gemplong dalam film dokumenter yang ia garap bersama teman-temanya.

Diawali dengan merekam aktifitas dan suasana pagi di desa. Saat itu, 9 April 2018, Bayu dan teman-temanya yang menjalani masa prakerin di Sangkanparan memulai aktifitas shootingnya dari pagi hingga sore.

Segala aktifitas nggemplong kopi dan nggemplong oyeg direkam. Sementra menggali informasi dari beberapa narasumber seperti koordinator desa, warga kampung gemplong, kepala desa, melengkapi film berlatar belakang ekonomi kreatif ini.

Ki Pambayu selaku kepala desa di Giritirto menjelaskan. Selain Nggemplong aktifitas lain yang memiliki nilai kearifan lokal masih ada seperti halnya Ngggoh Ikan. Menangkap ikan dengan menggunakan tanggan dan menyelam dalam sunngai. “Nggogoh ikan ini tidak menggunkan bahan peledak ataupun setrum, kami semua cinta lingkungan dan ingin lingkunngan kami terjaga dan terawat dengan baik”ungkap Ki Pambayu yang juga pengelola Kaampug Gemplong.

Bayu Ragil Saputra berharap, melalui film ini, pemerintah memiliki perhatian khusus terhadap aktifitas yang dilakukan masyarakat di kampung Gemplong. “Karanggayam ini dianggap sebagai kecamatan yang termiskin, apalagi warga desa Giritirto. Nah melalui film ini saya ingin bercerita bahwa sebenarnya ada aktifitas warga yang layak di apresiasi dan seharusnya didukung karena ini kan mengangkat ekonomi kerakyatan” ungkap Bayu yang juga warga Giritirto.

Bayu sebagai sutradara dalam film ini mengucapkan terimaksih atas dukungan dari teman-teman. Produksi film ini disuport dan difasilitasi oleh Sangkanparan dan SMKN1 Karanggayam. Serta dibanntu oleh teman-teman dar SMK N1 Gombong, SMK Bhina Karya 1 Karanganyar, SMK Muhammaddiyah Majenang, dan SMK Darunnajah Banjarmangu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s