Ulasan Produksi Dokumenter #4 – Pacuan Kuda

Ditulis Oleh : Yuni (Pelajar SMKN1 Cilacap)

Suasana Produksi Dokumenter Pelajar tentang Pacuan Kuda

Rabu, 27 September 2017 para pelajar SMK Negeri 1 Kebumen yang dibantu oleh para pelajar SMK Negeri 1 Cilacap, SMK Negeri 1 Karanggayam, dan SMK Muhammadiyah Majenang memproduksi film dokumenter tentang “Pacuan Kuda” di daerah Kutowinangun, Kebumen.

Shoot dimulai dari persiapan pemilik kuda & joki dipagi hari, berbincang mengenai masa perkembangan kuda, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang perawatan kuda obat-obatan, jamu,  dan vitamin yang digunakan untuk kuda.

Menurut penjelasan perawat kuda pagi itu “Pada usia 20 bulan kuda mulai bisa dinaiki, dan mulai bisa dilatih berlari ” jelas mas kurnia sembari menjelaskan surat-surat yang harus dimiliki kuda,  event-event pacuan kuda yang ada di tingkat nasional dan juga obat obatan yang digunakan.

Joki juga menjelaskan bagaimana syarat-syarat menjadi seorang joki berlisensi. Dan tak lupa pula  Pemilik Kuda & Joki menyampaikan harapannya untuk pacuan kuda kedepannya.

Shooting terus berlanjut, pada siang hari. Namun sayangnya hujan mengguyur sehingga shooting sempat terhenti. Para kru yang sebelumnya telah siap mengambil gambar proses latihan kuda, terpaksa harus berteduh di dekat lapangan. Baru pada pukul 16.00 WIB, proses shooting bisa dilaksanakan kembali karena hujan mulai reda.

Demikian gambaran proses shooting film dokumenter pacuan kuda yang disutradarai oleh Yulini A dari SMKN1 Kebumen. Semoga bermanfaat. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s