Ulasan Produksi Dokumenter #3 Kebumen (Tari Lawet)

Ditulis oleh : Alfina Nur Fadhilah (SMK Muhammadiyah Majenang)

Suasana Produksi Dokumenter Tari lawet

Selasa, 26 September 2017, SMK NEGERI 1 KEBUMEN produksi film dokumenter ketiga tentang Tari Lawet yang di Sutradarai oleh Rizki Eka Saptiani. Tari lawet terkenal sebagai ikon Kabupaten Kebumen. Sekitar tahun 1990-an kejayaan Tari Lawet sangat berkesan bagi Kabupaten kebumen. Sekitar 10 hingga 12 tahun kemudian, Tari Lawet mulai redup karena faktor-faktor tertentu. Salah satunya yaitu di hapusnya Tari lawet dari muatan lokal. Meskipun demikian, sampai saat ini masih ada beberapa sanggar ataupun generasi yang melestarikan Tari Lawet.

Produksi film Dokumenter ini di mulai dari rumah Ibu Sardjoko selaku istri dari pencipta Tari Lawet. Pelajar SMK NEGERI 1 KEBUMEN mewawancarai Ibu Sardjoko, Beliau berharap Tari Lawet bisa kembali disukai bahkan di minati oleh generasi muda dan generasi seterusnya. Selain itu, Ibu Sardjoko juga menceritakan atau menjelaskan rumusan Tari Lawet dan  kostum Tari Lawet.

Selanjutnya para pelajar SMK NEGRI 1 KEBUMEN melakukan shoot di SMP NEGERI 2 KARANGANYAR, mereka mewawancarai salah satu pelatih Tari Lawet yaitu Ibu Endang Purwatiningsih. Bu Endang  berharap semua pelajar bisa ikut belajar Tari Lawet dan meneruskan kebudayaan yang sudah menjadi ikon kota Kebumen.

Kemudian setelah selesai mewawancarai Ibu Endang Purwatiningsih, para pelajar SMK NEGERI 1 KEBUMEN mewawancarai Bapak Bambang Eko selaku Staff Teknis Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. Selain sebagai pegawai Dinas Beliau juga termasuk orang yang berperan dalam penciptaan Tari Lawet. Beliau menceritakan upaya pemerintah dalam mengatasi redupnya Tari Lawet, agar tetap menjadi sebuah kebanggan bagi Kabupaten Kebumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s