Catatan Produksi Dokumenter (Pembuat Coet)

Ditulis oleh : Irva Febriani pelajar SMKN2 Pekalongan

Suasana produksi dokumenter pelajar Majenang

Selasa, 4 April 2017 setelah selesai memproduksi film tentang penggali pasir di Desa Cikaronjo, pelajar SMK Muhammadiyah Majenang melanjutkan agendanya yaitu mengarap film kedua tentang pembuatan coet yang disutradarai oleh Reza Khoirul Azizy.

Aktifitas diawali dengan mengambil gambar kegiatan Pak Wartoyo salah seorang pengusaha coet yang sedang melepaskan coet dari cetakan dan diselingi dengan pengambilan gambar serpihan coet. “Kisah tentang para pembuat coet ini berawal dari masyarakat Banyumas yang membawa coet ke Desa Bantar Dusun Kedung Loa pada tahun 1987. Dan sampai sekarangpun warga desa masih menggeluti usaha membuat coet karena sangat membantu perekonomiannya. “ Ujar Pak Wartoyo. Indahnya curug Di Desa Bantar menggugah jiwa kami untuk sekedar melepas penat. Setelah hampir semua basah kuyub sekitar pukul 09.30 kami segera kembali ke basecamp untuk sarapan.

Pukul 10.00 kami melanjutkan produksi menuju ke Dusun Pasireja untuk melakukan wawan cara terhadap Pak Dzulkarim, seorang pembuat coet yang kini tangannya sudah tidak mampu untuk membuat coet karena terlalu sering terkena serpihan coet. Setelah itu kami pindah lokasi ke rumah pak Wasiman yang rumahnya tidak jauh dari pak Dzulkarim. Di tempat pak Wasiman kami melakukan wawancara dan  pengambilan gambar terhadap batu bata yang dibuat dari serpihan coet.

Pak Narto salah satu pembuat coet di desa tonjong menjelaskan “Meskipun coet merupakan alat yang bahan bakunya dari batu namun di daerah Tonjong terdapat lokasi pengambilan batu yang kini sudah tidak berfungsi lagi dikarenakan sang pemilik tidak mau menerima resiko jika batu tetap diambil. “

Tak terasa waktu menunjukkan pukul 12.00 WIB  kami kembali menuju basecamp untuk istirahat, setelah waktu istirahat berakhir kami tetap melanjutkan produksi film dengan mewancarai beberapa narasumber yang masih berhubungan dengan coet.

Akhirnya, usai sudah kegiatan produksi film dokumenter tentang coet.  aktifitas kami ditutup dengan makan bersama dan setelah itu kami segera berkemas dan menuju ke rumah Riska Rahmayati untuk melakukan produksi film ke 3 pelajar SMK Muhammdiyah Majenang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s