Catatan Produksi Dokumenter Pelajar Banjarnegara (LC Serayu Park)

Ditulis oleh : Riska Rahmayati, pelajar SMK Muhammadiyah Majenang)

Kameramen mengambil gambar suasana di ruang Karaoke

Selasa 21 Maret 2017. Usai sudah produksi film tentang Tugu Peringatan di dusun Legetang, Pekasiran Banjarnegara. Namun bukan berarti usai sudah semua kegiatan. Para pelajar Banjarnegara masih melanjutkan produksi film selanjutnya. Film selanjutnya disutradarai oleh Adi Sucipto pelajar asal SMK Darunnajah Banjarnegara, yang mengupas kisah tentang Lady Companion (LC) atau yang sering kita dengar dengan sebutan pemandu lagu, di Serayu Park yang berada di Kabupaten Banjarnegara.

Ketika itu, matahari telah kembali keperaduannya, sekitar pukul 19.40 WIB Pelajar SMK Darunnajah Banjarnegara yang dibantu pelajar dari SMK N1 Gombong, SMK Muhammadiyah Majenang dan SMK Dr.Sutomo Cilacap telah bersiap untuk melakukan perjalanan ke Serayu Park. Lama perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 10 menit. Suasana hujan rintik di keheningan malam mengawali perjalanan ini. Pada pukul 20.00 WIB, Sampailah mereka di sebuah tempat karaoke bernama Serayu Park. Lagu-lagu terdengar menggema menembus dinding tembok yang bertema aquarium laut.

Kamera telah disiapkan. Para pelajar dari Banjarnegara ini siap merekam seluruh aktifitas LC di Serayu Park. Alunan musik berhembus bersama angin dipandu dengan suara merdu para pemandu lagu yang juga turut bergoyang bersama beberapa lelaki di ruang itu. Salah satunya adalah Mbak Novita. Perempuan berusia kisaran 23 tahun ini memilih jalan hidup sebagai LC di Serayu Park. Film ini hendak mengupas kisah hidup mbak Novita sebagai seorang yang bekerja pada tempat hiburan malam.

Usai merekam segala aktifitas LC di Serayu park, kami  putuskan untuk berlanjut ke lokasi  lain yaitu suasana jalanan Banjarnegara kota sekitar pukul 21.20 WIB.  Suasasna kota yang ramai lancar dan lampu jalan yang cukup menerangi jalanan kota Banjarnegara di ambil seapik mungkin oleh cameraman  film ini yaitu Yogi Ariyanto pelajar asal  SMK Darunnajah Banjarnegara. Usai merekam suasana jalanan malam dilanjutkan perjalanan menuju basecamp. Sekitar pukul 22.30 WIB kami tiba di bascamp, beristirahat untuk melanjutkan aktifitas produksi  dihari selanjutnya.

Rabu, 22 Maret 2017,

Matahari mulai bersinar terik. Waktu menunjukan pukul 10.32 WIB.  14 pelajar yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda ini bergegas menaiki mobil yang sudah menunggu mereka. Produksi film di hari kedua ini dimulai dengan perjalanan menuju sebuah rumah yang dijadikan sebagai mes untuk para LC   yang bekerja di Serayu park. Angin sepoi-sepoi yang berhembus di pertigaan jalan Banjarnegara kota tidak melunturkan semangat kami  untuk memfilmkan kehidupan seorang LC.

Setibanya di lokasi  sektiar pukul 10.48 WIB kami memasuki ruangan sempit, pengap sedikit berantakan. Kameraman melakukan tugasnya, merekam segala aktifitas LC di rumah kecil ini. Sebagian dari mereka ada yang masih tertidur pulas, ada pula yang sudah terbangun. Wajah-wajah lelah tergambar hampir di semua LC yang berada di rumah itu. Kehidupan malam yang mereka jalani, membuat mereka harus mengatur waktu istirahat yang tak sama dengan orang-orang lainya. Biasanya, para LC ini baru tidur sekitar pukul 03.00 wib.

Matahari kini tepat di atas langit Banjarnegara. Usai ISOMA kami melanjutkan berbincang dengan Mba Novita  selaku  LC yang bekerja di Serayu park. Perbincangan di mulai dengan senyum manis di wajah Mba Novita. Mba Novita berasal dari desa Kejobong, Purbalingga. Awalnya dirinya melamar pekerjaan sebagai seorang kasir di Serayu Park. Namun pilihan hidupnya menentukan, kini ia bekerja sebagai seorang LC. Usianya menginjak 23 tahun dan telah memiliki 2 orang anak. Anak pertama berusia 4 tahun laki-laki dan anak kedua berusia 9 bulan perempuan. Kehidupan keluarga yang tak harmonis menyebabkan Mbak Novita bercerai dengan suaminya. Beban hidup yang berat untuk menghidupi kedua anaknya yang  memutuskannya menjadi seorang LC hingga saat ini. Mbak Novita memiliki harapan yang cukup sederhana. Dirinya ingin anaknya kelak lebih sukses ketimbang dirinya

Usai merekam perbincangan dengan mbak Novita, tim selanjutnya menuju Serayu Park. Suasana Serayu Park pada siang hari terlihat begitu cerah. Para LC yang selalu dijemput menggunakan mobil mulai berdatangan satu per satu.

Siang itu di pelataran Serayu Park, para pelajar merekam perbincangan bersama bapak Wahono selaku Manager Serayu Park. Bagi Pak Wahono, LC adalah Ladies Companion. Yang tugasnya sebenarnya adalah menemani pengunjung bernyanyi bersama. Moto berdirinya Serayu Park ialah tidak semua orang yang berada di club malam itu buruk dan tidak semua orang yang berada diluar club malam itu baik. Baginya, menjaga para LC yang bekerja di Serayu Park bukanlah hal mudah. Tentu banyak tanggapan negatif masyarakat umum terhadap kehidupan para LC. Namun tidak semua orang pula yang peduli dengan kerasnya perjuangan para LC mengais rejeki demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Berbeda dengan hiburan di kota lain yang mengharuskan para LC berpakaian seksi dengan celana yang pendek atau rok mini, khusus di Serayu Park para  LC menggunakan celana panjang. Ini yang membedakan Serayu Park dengan tempat hiburan lainya.

Pak Wahono selaku orang yang dianggap sebagai ayah bagi para LC ini berharap mereka (para LC) bisa cepat bisa keluar dari Serayu Park, dan bisa menata kehidupan mereka sendiri serta memiliki bisnis atau pekerjaan yang lebih baik lagi.

Setelah lengkap kami mendapatkan data untuk film dokumenter, kami berlanjut menyantap perbekalan yang teredia. Mas Wahono mempersilahkan para pelajar untuk menikmati lagu-lagu di ruang 17. Para pelajar pun tak mau melewatkan kesempatan itu. Mereka bernyanyi bersama, berdendang bersama mbak Novita.

Usai sudah kegiatan hari ini. Kami kembali ke base camp dan istirahat. Mempersiapkan produksi film selanjutnya.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s