SABLON CUKIL ALA PELAJAR SANGKANPARAN

IMG_20160715_084646Lebaran usai sudah, aktifitas rutin mulai dijalankan seperti biasa. Begitu juga di Rumah Belajar Sangkanparan CIlacap. Sedikitnya 15 pelajar yang berasal dari SMKN1 Cilacap, SMKN1 Karanggayam dan SMKN1 Kebumen ini melaksanakan prakerin di Sangkanparan Cilacap. Di pertengahan Bulan Juli ini mereka terlihat asik menuangkan idenya pada sebuah papan / hardboard. Mereka menggambar beberapa poster yang berisi ajakan untuk melakukan sesuatu. Nantinya gambar tersebut akan di cukil menggunakan alat pahat. Lalu setelah itu papan yang sudah dicukil tadi di roll dengan catt sablon, lalu hasil gambarnya diterapkan pada kaos polos. Ya kegiatan seperti ini sering disebut Sablon Cukil atau dalam bahasa kerenya Hardboard Cut Printing.

Teknik Mencukil ini merupakan Seni grafis tertua. Dahulu digunakan oleh para seniman untuk menyuarakan isi hati. Seperti upaya-upaya penyelamatan lingkungan, keadilan social, dan lain-lain. Sehingga tak heran jika hasil karya seni grafis cukil ini cenderung berbentuk poster-poster propaganda. Insan Indah Pribadi selaku pengelola Sangkanparan sengaja menerapkan kegiatan ini pada para pelajar di Sangkanparan, agar mereka bisa menyuarakan isi hati mereka terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka. Hasilnya, banyak pelajar yang menyuarakan keprihatinannya terhadap kerusakan lingkungan, korupsi yang merajalela, serta persoalan sosial yang terjadi di masyarakat.  “Saya membebaskan mereka mengkritisi persoalan sosial yang ada di sekitar mereka. Salah satunya melalui karya cukil ini. Ini salah satu bentuk kampanye social agar masyarakat bisa melakukan sesuatu yang lebih baik”. Ungkapnya.

Tak berhenti hanya di lingkup komunitas saja. Para pelajar bersama dengan komunits Sangkanparan mengajak masyarakat umum yang berminat agar kaosnya mau di sablon dengan hasil karya mereka. Hasilnya banyak teman-teman mereka yang berkunjung membawa kaos masing-masing dan mereka melakukan aktifitas sablon cukil gratis di Sangkanparan. Dengan sablon gratis ini, scara tidak langsung pesan-pesan yang dibuat oleh para pelajar dapat tersebar. Karena banyak juga yang datang minta disablonkan poster-poster keren karya pelajar di Sangkanparan.

Jupi Saputra, salah satu pelajar dari SMKN1 Karanggayam mengungkapkan kebahagiaanya karena hasil karyanya banyak diminati oleh masyarakat. “Saya ngga ngira, kalo hasil cukilan saya disukai banyak orang. Banyak yang minta disablonin desain yang saya buat” ungkapnya sambil terus memproses hasil cetakannya pada sebuah kaos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s