Rayakan Hari Remaja, Cilacap Putar Video Diary

Suasana pemutaran video diary di TBM Sangkanparan
Suasana pemutaran video diary di TBM Sangkanparan

Hari Remaja Internasional yang jatuh pada 12 Agustus, dimeriahkan dengan pemutaran video diary serentak di 35 komunitas, di 11 provinsi di Indonesia, salah satunya di TBM Sangkanparan yang terletak di Jalan Progo nomor 66 Cilacap. Video Diary tersebut dibuat oleh 100 remaja dari 16 komunitas. Hari itu sekitar pukul 10.00 WIB Rumah Belajar Sangkanparan sudah ramai. Sedikitnya 32 orang dari berbagai kalangan datang. Peserta mengisi daftar hadir yang sudah disediakan kemudian masuk ruangan. Acara dibuka oleh Insan Indah Pribadi selaku pengelola Sangkanparan. Dilanjutkan pemutaran video diary yang pertama yaitu “Lentera untuk Dria Raba”, video karya remaja Bali mengisahkan tentang kehidupan tunanetra yang membutuhkan bimbingan seputar dampak dari pelecehan seksual.

Pada kesempatan tersebut, Jalan Remaja mengangkat tema #KitaSensitif. Sehingga curahan hati para remaja Indonesia yang diungkapkan dalam bentuk video ini lebih banyak mengupas segala hal yang dianggap sensitif bagi remaja. Dalam kompilasi Jalan Remaja 1208 ini terpilihlah 5 video yang masuk sebagai Nominasi Video Inspiratif diantaranya : Video diary “Ini Cerita Kami” yang dibuat oleh siswa SMK Negeri 1 Cilacap, “Peka vs Pekok” karya Rumah Belajar Ilalang Jepara, “Beda Paham Toa Masjid” karya SMK Bukateja Purbalingga, “Lakukanlah” karya PPAD Grobogan.

Novi Nirmala mempresentasikan karya yang dibuatnya
Novi Nirmala mempresentasikan karya yang dibuatnya

Setelah menonton, siswa SMK Negeri 1 Cilacap mempresentasikan video yang dibuatnya. Deni Fajriyah, Novi Nirmala dan Farah Kurniasari menjelaskan tentang idenya. Diskusi dan tanya jawab berjalan lancar sampai siswa SMK Negeri 1 Cilacap menceritakan bahwa mereka mendapatkan ide membuat video tersebut dari pengalamannya sendiri. Selain itu mereka juga berbagi pengalamannya ketika gagal membuat film, namun akhirnya mereka merubah konsep film dan tetap melanjutkannya.

Menjelang waktu dzuhur, kegiatan pun diistirahatkan sebelum dilanjutkan kembali sekitar pukul 12.30 WIB. Sedikitnya 16 film diputar dalam kesempatan baik ini. Pemutaran video diary ini memberikan pengalaman baru bagi peserta yang hadir, salah satunya Heni Silvia Hoki, siswi SMK Muhammadiyah Majenang yang sedang PKL di BMS TV Cilacap, “ menurut saya video tadi cukup kreatif dan banyak menginspirasi orang. Pokoknya cukup menambah wawasan dan mengajarkan seputar kehidupan agar lebih baik”, ungkapnya.

Sama halnya Heni, Cristiani siswi asal SMK Muhammadiyah Majenang juga menuturkan tanggapannya tentang kegitan pagi itu, “kegitan ini menginspirasi para remaja untuk lebih baik dan kreatif dalam membuat film. Saya juga ingin ke depannya bisa membuat film yang bagus dan bisa membangkitkan semangat remaja,” jelasnya ketika selesai menonton video.

Dengan adanya program “Jalan Remaja 1208” ini diharapkan mampu menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi berbagai kalangan khususnya remaja yang berperan penting menjadi generasi penerus bangsa. Semoga ke depannya bisa lebih kreatif dan membuat karya yang bermanfaat bagi semua kalangan. Selamat hari remaja internasional.

( Ditulis Oleh : Suningsih Ell )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s