SENANDUNG JAMJANENG Dokumenter Terbaik Festival Film Malang 2015

Indah Menerima Penghargaan di Festival Film malang 2015
Indah Menerima Penghargaan di Festival Film Malang 2015

Perhelatan yang meriah Festival FIlm Malang 2015 baru saja digelar 2-4 April 2015 di Kampus besar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam kegiatan tersebut, selain ada pemutaran film, diadakan pula sesi-sesi khusus seperti kursus sinema, temu komunitas, nawak malang, sesi malangan dan juga sinema tour keliling kota Malang.

Acara ini diadakan setiap tahun, dan tahun 2015 ini adalah tahun ke 11 penyelenggaraan Festival Film Malang. Festival yang diikuti oleh para Pelajar dan Mahasiswa dari seluruh pelosok tanah air ini memberikan penghargaan kepada film Fiksi dan Dokumenter. Setiap kategori hanya mendapat ‘satu’ kategori saja yang akan menyandang sebagai “Film Terbaik”

Muslihan dan Indah Riskiyani adalah siswa SMKN1 Kebumen yang turut hadir dalam acara tersebut. Bersyukur mereka berdua bisa hadir disela-sela kesibukannya menghadapi Ujian Nasional 13 April mendatang. Mereka hadir karena film Jenitri karya Muslihan dan Juga Senandung Jamjaneng karya Indah lolos seleksi dan masuk sebagai nominator dalam ajang Festival Film Malang 2015. Muslihan dan Indah yang awalnya sempat kebingungan karena tidak memiliki cukup dana untuk berangkat ke Malang akhirnya plong juga karena ternyata pihak sekolah mendukung dan memberangkatkan 2 siswa ini beserta 2 guru pendamping untuk hadir dalam Festival FIlm Malang 2015. Memang keterlibatan dan dukungan sekolah sangat diperlukan. Namun demikian pihak sekolah tetap menghimbau kepada para siswanya untuk tak henti-hentinya belajar, apalagi mereka akan menghadapi UN dalam waktu dekat. Meski menempuh perjalanan yang cukup jauh Muslihan dan Indah memanfaatkan waktu belajar di kereta.

dari kiri, Pak Arif (Guru pendamping), Lia (Alumnus SMKN1Kbmn), Indah dan Muslihan
dari kiri, Pak Arif (Guru pendamping), Lia (Alumnus SMKN1Kbmn), Indah dan Muslihan

Waktu berjalan. Muslihan dan Indah mengikuti beberapa sesi serta menyaksikan banyak film diputar dalam event tersebut. Tiba waktunya malam terakhir yaitu malam pembacaan para peraih penghargaan.  Muslihan dan Indah bersama 2 guru pendampingnya duduk di tengah  menyaksikan serentetan acara pembukaan, sambutan serta hiburan karawitan. Tak disangka, perasaan suka, bahagia serta kaget dan tak percaya bercampur jadi satu, tatkala juri kategori dokumenter pelajar membacakan hasil keputusan juri. SENANDUNG JAMJANENG meraih penghargaan FILM DOKUMENTER TERBAIK kategori PELAJAR. Indah yang saat itu masih tak percaya perlahan jalan menuju panggung untuk menerima piala.

Film yang mengambil kisah tentang group kesenian yang hampir punah ini diambil disebuah desa Ponco Warno Kebumen. Adalah mbah Maksudin, atau yang kerap dipanggil mbah Bayan seorang yang masih merawat peralatan music yang digunakan untuk kesenian tradisional Janengan. Mbah Bayan bersama rekan-rekannya selalu berupaya melestarikan kesenian ini meski sudah tidak digandrungi oleh anak-anak muda jaman sekarang.

Film yang diproduksi oleh Indah dan teman-temannya di bulan Agustus 2014 lalu adalah rangkaian kegiatan PRAKERIN SMKN1 Kebumen di TBM SANGKANPARAN. Insan Indah Pribadi selaku pendamping produksi menyatakan kebanggaannya atas ide dan keberanian mereka dalam mengupas hal-hal yang terjadi di sekitar mereka. “Kisah Jamjaneng ini terjadi di Ponco Warno yang tak lain adalah kampungnya Indah sendiri. Dia berusaha menyampaikan kegelisahannya atas kesenian yang hampir punah melalui film” ujarnya saat mengetahui film Senandung Jamjaneng dapat penghargaan di Festival Film Malang.

Insan sendiri berharap, prestasi yang diraih siswa jangan berhenti sampai disini. Karena belajar itu tak pernah ada habisnya. Jangan merasa puas dengan hasil yang didapat saat ini, namun teruslah belajar untuk menjadi yang lebih baik.

Berikut Link, Peraih penghargaan di Festival Film Malang 2015
http://infofilmmalang.com/?p=228

Info tentang Festival Film Malang bisa dilihat disini :
http://malangfilmfestival.com/

One comment

  1. melu bungah untuk para siswa berprestasi spesial tuk Indah Rizkiyani dan Muslihan di film dokumenter pelajar dan para pendukungnya terlebih untuk pendamping dan pembimbing dari sangkanparan cilacap …salut dan apresiasi ..salam hurmat..grakkk 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s