“KAMPUNG CETHING” produksi Film Dokumenter SMKN1 Karanggayam

Nur Kholifah, (Kameramen) sedang mengambil gambar orang menganyam (Glontor, 7Maret 2015)
Nur Kholifah, (Kameramen) sedang mengambil gambar orang menganyam (Glontor, 7Maret 2015)

Siapa yang tidak tahu Cething? Ya peralatan dapur yang digunakan sebagai tempat nasi ini sering dijumpai di mana-mana. Termasuk di pasar tradisional di seluruh Indonesia. Namun siapa yang tau proses pembuatannya? Bagaimana dan dimanakah Cething diproduksi?

Shakir Iskandar, salah satu siswa SMKN1 Karanggayam Kebumen, mencoba mengupas aktifitas para pembuat cething di desa Glontor. Di desa ini, mayoritas penduduknya mengisi keseharian mereka dengan menganyam. Hasil anyaman mereka berwujud perkakas dapur, salah satunya yaitu Cething.

Keseharian di Desa Glontor, Kebumen ini menginspirasi Shakir untuk kemudian memfilmkan Kampung Cething dalam film Dokumenter perdananya.

Tak hanya keseharian para pembuat Cething, Shakir juga merekam aktifitas yang terjadi di desa tersebut, seperti suasana pasar tradisional yang masih asli (tidak dipengaruhi oleh pasar modern), budaya masyarakat yang berkumpul, dan segala kearifan lokal yang tercipta di desa yang masih asri ini.

Film Dokumenter ini diproduksi pada masa Prakerin. Sebelumnya di awal Januari 2015 Shakir dan teman-temannya mengisi waktu Prakerin dengan belajar di TBM Sangkanparan Cilacap. Mulai dari mencari ide, melakukan riset, membuat treatmen, membedah dan kemudian barulah Shakir dan teman-teman memproduksi film pada 7 Maret 2015.

Insan Indah Pribadi selaku Pengelola Sangkanparan merasa bangga dengan kinerja tim dari SMK N1 Karanggayam Kebumen. Pasalnya selain semangat yang dimiliki begitu tinggi, produksi ini juga di dukung oleh pihak sekolah SMKN1 Karanggayam Kebumen. “Pihak sekolah juga mendukung, tak hanya menanggung biaya konsumsi untuk anak-anak, tapi juga support peralatan produksi seperti kamera DSLR Canon 70D” ujar Insan yang saat itu mengajak serta Bang Teguh, Taufik dan Alwan sebagai pendamping produksi Dokumenter di Kebumen.

Selanjutnya, film ini akan memasuki tahap editing, dan kemudian sebagai pemutaran perdananya rencananya Shakir dan kawan-kawan akan memutar film tersebut di sekolahnya bersama film karya teman-teman yang lain.

produksi cething2

produksi cething1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s