Belajar Jadi Kameramen di Sangkanparan

Teguh Rusmadi, menyampaikan materi Tekhnik Pengambilan Gambar
Teguh Rusmadi, menyampaikan materi Tekhnik Pengambilan Gambar

Setelah beberapa waktu lalu menonton banyak film dan kemudian meresumenya, kali ini para peserta progrm prakerin di TBM Sangkanparan mulai di kenalkan dengan Kamera. Materi Pengenalan Kamera dipandu langsung oleh Teguh Rusmadi.

Dalam pelajaran di sekolah materi ini lebih dikenal dengan nama Tekhnik Pengambilan Gambar. Hanya saja di sekolah kadang melupakan untuk mengajarkan hal-hal dasar tentang bagian-bagian dari kamera. Setiap kamera memiliki tombol dan fungsi yang berbeda-beda. Sudah tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap cara pengoperasian kamera.

Teguh Rusmadi menjelaskan, untuk menjadi seorang kameramen yang baik hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah memahami alat yang dipakai. Mustahil seorang kameramen akan bekerja jika tidak mengetahui cara mngoperasikan kamera. Oleh sebab itu, siswa sangat perlu diajarkan cara mengoperasikan maupun cara memperlakukan kamera dengan baik dan benar. Selanjutnya, siswa juga diajarkan untuk belajar mencintai kamera. “Supaya kamera dapat selalu dalam kondisi yang baik, maka perlakukan kamera dengan baik”. Kata Teguh, pemuda yang sempat shooting satu frame dengan Vino G Bastian dalam film Cinta/Mati yang akan rilis Agustus 2013 nanti.

Selain itu, 14 siswa yang terdiri dari 7 Siswa SMK N1 Kebumen dan 7 siswa SMK Muhammadiyah Majenang diajarkan tentang tekhnik pengambilan gambar. Mereka diajarkan istilah-istilah yang dikenal dalam dunia film dan sinematografi. Mulai dari Low Angle, Close Up, Extreme Close Up, Long Shoot dan lain sebagainya.

T

salah satu siswa, belajar mengoperasikan kamera
salah satu siswa, belajar mengoperasikan kamera

eguh sendiri sama sekali tidak mendapatkan ilmu film dari bangku pendidikan. Ia bisa menjadi kameramen seperti saat ini karena belajar dari pengalaman. Oleh sebab itu, ia memberikan motivasi kepada para siswa, untuk  belajar lebih banyak hal tentang multimedia. Karena para siswa yang notabene adalah siswa SMK jurusan Multimedia, sudah tentu harus paham tentang multimedia.

Syifa Anny Mughtamy siswi SMK Muhamadiyah Majenang menuturkan, apa yang ia dapatkan di hari itu adalah hal baru. Karena di sekolah ia belum mendapatkan pengajaran tentang cara pengoperasian kamera, apalagi istilah-istilah pengambilan gambar. Lain halnya dengan siswa SMK N1 Kebumen yang sudah ditugaskan membuat video klip oleh gurunya.

“Saya mendapatkan pelajaran baru disini, karena jadi paham fungsi-fungsi pengambilan gambar yang diajarkan oleh Bang Teguh” ungkap Syifa gadis manis berkerudung yang tengah asik menyimak pelajaran hari itu.

Sementara, Teguh sendiri berharap agar nantinya siswa bisa memegang ala sendiri saat produksi film berlanjut. Karena tugas selanjutnya di TBM Sangkanparan adalah membuat film.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s