Asiik, Melukis Sepatu Lagi !

para peserta Prakerin asik melukis sepatu
para peserta Prakerin asik melukis sepatu

Kembali, untuk yang kesekian kalinya. (26Juli) Materi yang paling disukai para peserta Prakerin dari masa ke masa adalah Melukis Sepatu.

Melukis sepatu, seperti biasanya adalah sebuah perwujudan proses pembelajaran Desain Grafis. Ya dalam desain grafis kita mengenal ada istilah Nirmana. Nirmana sendiri dibagi dalam dua jenis, Nirmana Dwi Matra (2 Dimensi) dan Nirmana Tri Matra (3 Dimensi)

Nirmana adalah proses penggabungan antara titik, garis yang membentuk sebuah bidang. Titik dan garis itu sendiri berkembang menjadi bentuk, bidang dan warna. Jika semua disatukan, akan menghasilkan komposisi yang indah.

Nirmana juga merupakan materi paling dasar dalam Desain Grafis. Setiap siswa wajib mempelajari hal ini, agar nantinya dalam membuat karya-karya desain grafis yang lain, mereka sudah paham akan pentingnya komposisi, perpaduan warna, serta finishing yang membuat karya tersebut menjadi lebih indah.

Seperti halnya Melukis Sepatu kali ini. 14 Siswa yang terdiri dari 7 Siswa SMKN1 Kebumen, dan 7 siswa SMK Muhammadiyah Majenang mencoba menuangkan ide untuk memperindah sepatu kanvas yang dimilikinya. Bermacam gambar tertuang dalam sepatu mereka. Ada yang menggambar Pelangi, tokoh kartun, batik atau bahkan hanya sekedar perpaduan bidang dan warna saja.

Yuni Etifah, siswi SMK N1 Kebumen merasa senang, meski ia harus serius dan berkonsentrasi untuk menyelesikan gambar Domo di sepatunya. “Saya senang, tapi nglukis sepatu ini musti serius dan konsentrasi, biar gak salah” ungkapnya.

Selain itu, Suratin siswi SMK Muhammadiyah Majenang juga merasa hal yang sama. Ia sangat senang dengan pengalaman barunya, “Ini pengalaman pertama buat saya, pengelaman yang menyenangkan” ungkapnya sambil menorehkan warna dengan kuasnya.

Materi Nirmana ini akan berlangsung 3 tahap. Hari ini melukis Sepatu, besok melukis Tudung, dan selanjutnya mengolah bentuk  3 Dimensi sebagai perwujudan Nirmana Tri Matra.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s