Film Cilacap Kembali Raih Penghargaan

interview narasumber ; produksi film dokumenter M . Ridho
interview narasumber ; produksi film dokumenter pasar

Cilacap kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional dalam dunia Film. Kali ini film dokumenter tentang Pasar. Tak tanggung-tanggung 2 Penghargaan di raih sekaligus dalam ajang Kompetisi Film Dokumenter dengan tema “Pasar Sehat untuk Konsumen Sehat” yang diselenggarakan Suara Komunitas bekerjasama dengan filmpelajar.com, dan Blogger Nusantara dan didukung oleh Program Pasar Sehat SAFE-USAID telah menentukan Film “Meski Tersisih, Pasar Majenang Tetap Bangkit” yang disutradarai oleh Tri Hermansyah dari Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. Sebagai Film Dokumenter Terbaik 1 Kategori Pelajar. Dan Film berjudul “Pasar Tradisional dan Sistem Informasi” yang disutradarai oleh Muhammad Ridlo dari Cilacap, Jawa Tengah sebagai Film Dokumenter Terbaik 3 Kategori Umum.

Kompetisi yang bertujuan untuk mendukung kampanye penyadaran terhadap pelaku pasar tradisional (pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengelola pasar, pedagang, sampai pembeli) bahwa kebutuhan akan Pasar Sehat adalah mutlak ini dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Pendiri filmpelajar.com Tomy W. Taslim, Dosen Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Subagjo Budisantoso, dan Presiden Blogger Nusantara Ananto Sulistyo.

Muhammad Ridlo selaku pegiat film Majenang yang mendapatkan penghargaan tersebut merasa kaget ketika dikabarkan filmnya menang dalam ajang Festival Film Dokumenter Pasar.  Pria yang sehari-harinya menyempatkan waktu bertani ini ditelpon oleh Insan Indah Pribadi Pegiat Film dari Komunitas Film Sangkanparan. “Alhamdulilah… nyong ora ngira filme menang” ungkapnya dengan menggunakan dialek ngapaknya. Pria yang bekerja sebagai kontributor Merdeka Online & CTV Elbayan Majenang ini berencana akan memutarkan film tersebut keliling desa bersama komunitas Sangkanparan, agar segala informasi dan pesan tentang pasar yang dikemas dalam karya film tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat luas.

Diluar daripada itu Insan berharap, adanya kepedulian dan peran serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk bersama-sama, menciptakan pasar yang sehat, dan menumbuhkan perekonomian masyarakat kecil yang kian lama semakin tergerus oleh pertumbuhan ribuan minimarket di sekitarnya. “Saya berharap, pemerintah jangan lagi mengijinkan minimarket berdiri di CIlacap, karna dengan bermunculan minimarket tersebut bisa membunuh ekonomi masyarakat kecil” ungkapnya. “Pasar itu milik masyarakat umum, jika kita beli di pasar maka yang diuntungkan adalah orang banyak..tapi jika kita beli di minimarket, maka yang diuntungkan adalah pemilik minimarket tersebut.”

5 comments

  1. terima kasih atas penyebaran informasi tersebut, semoga ini menjadi pemicu bagi kami untuk lebih baik lagi dalam berkarya, tentunya kami juga mohon dukungan dan sumbangsih ilmu dari rekan-rekan yang lebih senior… Nana-Kusnana-SMK Komputama Majenang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s